Aksi Laz BSM Umat Pasca Kebakaran di Kebon Pala

Laznas BSM Umat - Sekira 300 Rumah di Jalan Kebon Pala, Jakarta Timur, terbakar. Lebih dari 1.200 warga dari 6 RT dan 2 RW terpaksa diungsikan pada Senin 21 Agustus 2017. Merespons bencana ini, Laz BSM Umat memberikan sejumlah bantuan. Di antaranya, pembagian peralatan sekolah, pembagian seragam, dongeng ceria, pembagian sembako, dan pengobatan gratis.

Sebelumnya, akibat kebakaran ini menyisakan cerita pilu dari para korban.  Seperti harta benda milik Irma di Kebon Pala, Jakarta Timur ludes dilahap si jago merah. Perempuan yang merupakan warga Gang Ambon RT 01/RW 07, Kebon Pala, Jatinegara, Jakarta Timur, itu berharap mendapat tempat tinggal baru. 

"Ya rumah untuk tempat tinggal ya. Kalau enggak cepat sampai kapan tinggal di sini (posko pengungsian) ini kan tempat sekolah," kata Irma di Posko Pengungsian SMPN 26 Jakarta, Kampung Melayu, Jakarta Timur, Senin (21/8/2017).

Irma menceritakan rumah yang ditinggalinya bersama keluarga besarnya ludes terbakar. Tidak ada satu pun barang-barang yang bisa diselamatkan. "Barang sudah nggak ada yang bisa diselamatkan, tapi satu keluarga 6 orang alhamdulillah semua selamat," ujar dia.

Senada dengan Irma, Rusmiati warga Gang 2 RT 4/07 berharap mendapat bantuan tempat tinggal atau minimal uang pengganti. "Kalau rusun sebenarnya menolak. Soalnya banyak orang mengeluh di rusun. Tapi kalau dapat yang bawah saya mau, kalau di atas nanti nggak mau nggak bisa usaha. Suami saya kan usaha bubur ayam," ucap Rusmiati.