Manfaat Zakat untuk Umat

Laznas BSM Umat - Sesungguhnya menunaikan atau membayar zakat adalah suatu kewajiban bagi seluruh umat Muslim. Adanya zakat memberikan contoh kepada seseorang untuk bersikap ikhlas dan dermawan, sekaligus menciptakan kepedulian terhadap mereka para yatim dan dhuafa, serta fakir miskin. Zakat mempunyai banyak manfaat baik dari sisi sosial maupun keagamaan.

Dari sisi keagamaan, mengeluarkan zakat sangat memberikan manfaat bagi muzakki atau orang yang memberikan zakat. Zakat merupakan sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT dan bisa meningkatkan keimanan dan ketaatan kepada Allah SWT.

Bagi umat Islam yang membayar zakat akan mendapatkan pahala yang besar. Allah berjanji akan menghapus segala dosa yang dimiliki seseorang. "Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa." (QS. Al Baqarah: 276)

Selain itu mengeluarkan zakat membantu dalam membentuk karakter individu agar menjadi lebih baik. Dengan berzakat, memasukkan muzakki ke dalam golongan orang dermawan yang mempunyai sifat mulia berupa kedermawanan dan rasa toleransi yang tinggi terhadap sesama.

Zakat bisa meningkatkan rasa kasih sayang dan juga simpati serta empati pada diri muzakki terhadap para saudaranya yang sedang kekurangan. Allah sangat mencintai orang-orang yang mencintai saudaranya yang sedang dilanda kekurangan.

Menunaikan zakat mampu memperbaiki akhlak seseorang yang dengan ikhlas membayarnya. Sifat pelit dan bakhil bisa hilang dari dirinya. "Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka." (QS. At Taubah: 103).

Manfaat zakat dari segi sosial, sesungguhnya sangat memberi dampak signifikan terhadap lingkungan sekitar. Tentunya penyaluran zakat diharapkan bisa melalui lembaga-lemabaga zakat yang ada, contohnya Laznas BSM Umat.

Sehingga pemberian zakat bisa disalurkan secara merata ke wilayah atau daerah yang warganya membutuhkan bantuan. Hal ini berimplikasi pada meningkatnya solidaritas persaudaraan atau ukhuwah islamiyah. Karena menunaikan zakat bisa menghilangkan jarak antara si kaya dan si miskin.

Di sisi lain, kenapa Sahabat harus membayar zakat di Laznas BSM Umat. Karena di lembaga ini penggunaan dana zakat akan dikelola agar penyalurannya dan kemanfaatan dana zakat bisa lebih meluas. Seperti untuk membantu para yatim dan dhuafa, korban bencana, pembangunan masjid/mushola, dan tahfidz Alquran. Semoga zakat yang Sahabat berikan bisa menjadi amal jariyah yang terus mengalir. Amin

Yuk Sahabat tunaikan zakat di Laznas BSM Umat bisa melalui QR Code atau donasi langsung melalui Bank Syariah Mandiri 702 620 2595 A/N Yayasan BSMU - ZKT 2

Website: www.bsmu.or.id
Twitter: @laznas_bsm
Facebook: lazbsmumat
Instagram: laznasbsmumat
Youtube: Laznas bsm umat

Call Center Laz BSM Umat 08119 466 466/0813  1747 4702 atau 021-4228999