Marhaban Ya Ramadhan

Laznas BSM Umat - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan 1 Ramadhan 1439 Hijriah atau awal puasa pada Kamis 17 Mei 2018.

Putusan penetapan awal Ramadhan ini dikatakan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin setelah sebelumnya sidang Isbat yang digelar di Kantor Kemenag, Jakarta, Selasa 15 Mei 2018.

Kata-kata Marhaban ya Ramadhan pun menjadi ramai diucapkan baik lewat group Whatsapp maupun di media sosial (medsos). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata marhaban diartikan dengan menyambut atau menghormati tamu.

Marhaban dari kata rahb yang berarti luas atau lapang, sehingga marhaban menggambarkan bahwa tamu yang datang disambut dan diterima dengan dada lapang, penuh kegembiraan, serta dipersiapkan baginya ruangan yang luas untuk melakukan apa saja yang diinginkannya.

"Telah datang kepada kalian Ramadhan, bulan yang penuh berkah. Allah wajibkan kepada kalian puasa di bulan ini. Di bulan ini, akan dibukakan pintu-pintu langit, dan ditutup pintu-pintu neraka, serta setan-setan nakal akan dibelenggu. Demi Allah, di bulan ini terdapat satu malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Siapa yang terhalangi untuk mendulang banyak pahala di malam itu, berarti dia terhalangi mendapatkan kebaikan." (HR Ahmad dan Nasai).

Marhaban Ya Ramadhan, Keluarga Besar Laznas BSM Umat  mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1439 H.