Warga Tenjo Antusias Sambut MCK Laznas BSMU

Laznas BSM Umat - Bagi sebagian masyarakat terkadang kurang menyadari tentang penting dan fungsi tempat mandi, cuci, dan kakus atau yang biasa disingkat MCK. MCK adalah sarana yang menunjang kehidupan sosial, budaya, serta kesehatan masyarakat. Fasilitas MCK ini merupakan cerminan lingkungan yang sehat, bersih serta tertata.

Merespons mengenai MCK ini, Laznas Bangun Sejahtera Mitra Umat (BSMU) memberikan fasilitas bangunan MCK di daerah Tenjo, Bogor, Jawa Barat.

Direktur Eksekutif Laznas BSMU Rizqi Okto Priansyah mengatakan, adanya MCK ini dapat mempengaruhi pola pikir individu, masyarakat setempat, untuk lebih memperhatikan lingkungan. "Adanya MCK ini bisa menekan polusi udara dan pencemaran lingkungan. Ini memberikan dampak positif bagi masyarakat adalah perubahan perilaku, kebiasaan serta budaya manusia di lingkungan umum," kata Rizqi Okto di sela-sela peresmian MCK Laznas BSMU, di Tenjo, Bogor, Jumat (4/8/2017).

Rizqi menjelaskan, dengan adanya MCK yang difasilitasi dari Laznas BSMU ini, diharapkan pemanfaatannya bisa dimaksimalkan oleh warga. Jangan sampai MCK yang sudah dibangun ini terabaikan fungsinya. Selain itu sambung Rizqi, MCK ini seyogyanya dipelihara dengan baik secara berkelanjutan oleh masyarakat.

"Jadi punya rasa memiliki dan tanggung jawab yang besar terhadap MCK terkait dengan keberlanjutan dari bangunan tersebut," tuturnya.

Lebih lanjut Rizqi Okto mengungkapkan, adanya MCK Laznas BSMU diharapkan mengurangi kebiasaan buang hajat tidak pada tempatnya atau di ruang terbuka. "Karena sanitasi yang buruk dan kebiasaan tersebut dapat menimbulkan penyakit," tegas Rizqi Okto.

"Yuk beralih, mari sama-sama memaksimalkan fungsi MCK. Para warga juga diharapkan menjaga dan memelihara keberlanjutan fasilitas tersebut," imbuhnya.

Untuk diketahui, pembangunan MCK Laznas BSMU ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Berbagi Berkah. Selain peresmian MCK, ada juga pembagian wakaf Alquran, santunan  400 paket sembako. Sedangkan pada Sabtu 5 Agustus 2017, masih di Desa Batok, Tenjo, diadakan pengobatan gratis, pemberian 300 paket gizi dan penyuluhan pelayanan gizi sehat.

Untuk program pembagian sembako seperti beras, minyak goreng, susu, sarden, mie telor, kecap manis, gula, teh, kopi, sabun, dan pasta gigi. Tujuan dilaksanakan program ini untuk mengurangi beban ekonomi dan pencegahan penyakit yang dimiliki keluarga dhuafa.